Jumat, 24 Januari 2020

Budaya suku Dayak(Kalimantan tengah)

Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang, dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang, dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni.Beragaman dan keunikan budaya Suku Dayak
Festival Budaya Isen Mulang 2019 Digelar di Palangkaraya, Kalimantan Tengah


Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Said Ismail mengatakan, festival kali ini berlangsung sangat meriah dan menampilkan beragam keunikan dan warna tersendiri budaya dari Suku Dayak.

“Hampir seluruh kabupaten dan kota di Kalteng (Kalimantan Tengah) ikut semua. Kami berharap ini menjadi daya tarik tersendiri untuk sama-sama kita mengangkat dan mempertahankan budaya yang kita miliki,” ujar Said Ismail saat menyaksikan karnaval budaya Festival Isen Mulang Kota Palangkaraya Selasa (18/6/2019).


Ada 14 kabupaten dan kota yang ada di Kalteng turut serta dalam berbagai lomba di festival ini, seperti lomba berlogo, malamang, lagu daerah, meneweng manetek, dan manyila kayu, serta karnaval budaya.

Karnaval budaya yang dikuti oleh 83 peserta ini diharapkan bisa menjadi even nasional guna memperkenalkan kebudayaan Kalteng. Hal ini dikatakan Wakil Gubernur Kalteng said Ismail saat acara pembukaan Karnaval Budaya.

"Acara ini diharapkan bisa menjadi even tahunan yang bisa menjadi even nasional nantinya," ujarnya.

"Dari acara festival Budaya Isen Mulang ini Kalteng bisa menunjukkan bahwa budaya Kalteng juga bagus. Dan diharapkan dengan acara yang dilaksanakan sejak 17 Juni hingga 22 Juni kunjungan wisatawan bisa meningkat,"ujarnya"


Tidak ada komentar:

Posting Komentar